PRODUKSI KAOS, BAJU, JAKET, SERAGAM, KEMEJA DI LIWA

Bisnis yang sedang berkembang sekarang ini adalah bisnis konveksi. Salah satu kota yang dapat menjadi peluang bagi anda dalam menjalankan bisnis konveksi adalah Liwa. Anda bisa melakukan produksi kaos, baju, jaket, seragam, kemeja di Liwa. Jika anda telah melakukan produksi pakaian ini dengan maka biasanya dalam menjalankan bisnis ini akan timbul sebuah masalah. Masalah yang paling utama adalah tidak bisanya melakukan pemasaran yang baik sehingga bisnis ini tidak berjalan dengan lancar. Berikut strategi pemasaran agar meningkatkan hasil produksi konveksi anda:
Jika anda menjual kaos, baju, jaket, seragam dan juga kemeja maka anda harus mengenali terlebih dahulu siapa yang kira-kira membutuhkan pakaian ini. Anda harus mempunyai target pelanggan yang spesifik. Misalkan anda ingin membidik pelanggan dari kalangan anak sekolah maka anda harus menyiapkan desain yang bisa disukai oleh anak sekolah. Biasanya anak SMP, SMA dan juga kuliah membutuhkan kaos atau jaket angkatan. Nah, anda bisa mempromosikan produksi jaket dan kaos anda dengan anak sekolah tersebut. Anda bisa mendapatkan untung yang lumayan karena biasanya mereka akan memesan dalam jumlah yang banyak. Ketika anda sudah mendapatkan pesanan ini maka anda harus menjaga kualitas dan ketepatan waktu penyelesaian produksi. Jika anda tidak memberikan pelayanan yang berkualitas maka mereka tidak akan menggunalan jasa anda lagi. Namun jika mereka puas dengan hasil tersebut maka mereka akan merekomendasikannya dengan teman-temannya yang lain. Bila perlu anda memberikan diskon untuk jumlah pemesanan tertentu. Anda juga harus mempunyai lokasi yang dekat dengan lingkungan sekolah dan sering melakukan promosi yang menarik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam usaha konveksi
Sebelum anda memulai usaha konveksi ini maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Anda harus memilih bahan-bahan yang berkualitas namun dapat terjangkau oleh target pasar anda. Anda harus melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai bahan yang disukai oleh target pasar anda.
2. Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan pengecekan produk karena biasanya bisnis konveksi ini rentan terjadi cacat produksi. Jika hal ini tidak diperhatikan dengan baik maka anda akan membuat pelanggan anda kecewa.
3. Berikan pelayanan yang baik untuk pelanggan anda. Anda harus mengerjakan pesanan sebelum deadline sehingga produksi dapat selesai tepat waktu.
Tahapan proses produksi pakaian di konveksi
Proses produksi pakaian yang ada di konveksi ini mempunyai beberapa tahapan. Berikut tahapan proses produksi:
1. Tahap pemilihan bahan
Pada tahap ini pihak konveksi akan memilih bahan yang tepat dan sesuai dengan pesanan pelanggannya. Jika pelanggannya tidak bisa menentukan bahan yang diinginkan maka pihak konveksi akan merekomendasikan bahan yang cocok. Oleh karena itu, pihak konveksi setidaknya harus mempunyai pengetahuan mengenai keunggulan dan kelemahan bahan yang digunakan untuk produksi.
2. Tahap pembuatan desain, ukuran dan pemotongan
Tahap ini sedikit lebih panjang karena pelanggan harus menentukan desain yang diinginkan. Selain itu juga memberikan ukuran pakaian yang ingin dibuat sehingga kain bisa langsung dipotong sesuai ukuran dan pola.
3. Tahap penjahitan dan sablon
Jika pelanggan menginginkan pakaian dengan cetak sablon maka kain tadi harus disablon terlebih dahulu setelah itu baru dijahit sesuai dengan pola yang telah dibuat.
4. Tahap finishing
Nah, pada tahap ini proses produksi telah selesai tinggal dilakukan pengecekan dan pakaian dikemas untuk diberikan ke pelanggan.
Nah, itulah tahapan proses produksi kaos, baju, jaket, seragam, kemeja di Liwa.