width="1" style="display:none" src="https://www.facebook.com/tr?id=1104798699579615&ev=PageView&noscript=1"/>

Inilah Alat Sablon Kaos Manual Yang Harus Diketahui Jika Ingin Bikin Usaha Sablon

Tahukah anda meskipun saat ini banyak sekali usaha sablon kaos yang sudah menggunakan mesin sablon kaos digital. Untuk mengerjakan produk pesanan konsumen. Lantas sablon manual ini sendiri tidak langsung mereka tinggalkan begitu saja. Hal ini selain warna sablonan yang tahan lama, nyatanya alat sablon kaos manual ini mudah untuk ditemukan. Tidak hanya itu nyatanya alat ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Bahkan hingga kini juga banyak ditemukan pelaku usaha sablon yang menggunakan metode manual. Sebab hal ini tidak terlepas dari hasil sablon yang tengah dihasilkan ini memiliki kualitas yang bagus, awet dan tahan lama. Selain itu desain yang tengah di cetak pada permukaan kaos ini pun tercetak jelas. Alasan ini juga mengapa sablon manual ini masih memiliki banyak peminat.

sablon kaos

Alat Sablon Kaos Manual Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membuka Usaha Sablon

Jika memang anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis yang serupa. Maka salah satu hal pertama yang harus anda lakukan dan ketahui. Yakni adalah dengan melihat perlengkapan yang dibutuhkan. Terutama untuk membuat sablon manual. Berikut ini adalah alat – alat sablon manual yang paling penting yang harus anda ketahui diantaranya:

  1. Rakel

Alat ini sering dimanfaatkan untuk mendorong dan menekan tinta yang ada di atas kain screen. Untuk alat rakel ini dibuat dari kayu dengan ujung yang terbuat dari karet. Selain itu jika didasarkan pada bentuk ujungnya. Rakel ini terbagi menjadi beberapa jenis berbeda yang dengan penggunaan yang beragam pula. Untuk rakel lancip ini digunakan untuk menyablon dengan tinta yang banyak akan tetapi tipis.

  1. Screen

Untuk alat yang satu ini merupakan peralatan inti. Sebab digunakan untuk membuat sablon manual. Seringkali screen ini dibuat dengan bingkai kayu. Akan tetapi ada juga yang berbahan aluminium. Selain itu di tengah telah di bingkai. Lalu kemudian ada kain kasa dengan menggunakan pori yang halus yang dipasang. Tentu saja tujuannya ini adalah dengan menyaring tinta pada saat proses penyablon ini dilakukan. Selain itu kegunaan screen sablon ini adalah untuk mencetak film yang sudah dilapisi afdruk. Lalu kemudian anda ini dapat mencetak desain nya pada permukaan kain.

  1. Tinta

Untuk tinta yang satu ini menjadi bahan sekaligus alat yang paling penting untuk dipergunakan pada sablon manual. Dimana untuk tinta sablon ini sendiri memang banyak sekali macamnya bukan. Dimana digunakan untuk kebutuhan yang memang berbeda – beda pula. Untuk beberapa jenis tinta yang biasa digunakan ini sering kali dipergunakan untuk menyablon. Antara lain ini ada tinta sablon rubber, foil, plastisol dll.

  1. Meja

Untuk meja sablon yang satu ini memang termasuk ke dalam peralatan inti dalam menyablon manual. Dengan adanya meja ini digunakan sebagai penyangga screen. Kain yang dapat di sablon ini dengan menggunakan hasil yang bagus. Hingga kini memang ada beberapa jenis meja sablon yakni meja banting.  Yakni ada meja frame presisi, meja rel panjang, meja catok dll.

Selain 4 jenis alat sablon diatas, nyatanya konsumen juga memerlukan alat sablon yang lain salah satunya adalah alat afdruk. Setelah film ini ditempelkan pada screen. Maka anda pun masih harus melakukan pemanggangan. Prosesnya ini pun bisa dilakukan dengan menggunakan alat afdruk neon panjang. Dimana film ini pun sudah akan direkatkan pada screen dan dilapisi dengan obat afdruk. Lalu kemudian dipanaskan untuk menghasilkan desain artwork dengan gambar yang bagus.